Ketinggalan Pesawat di Luar Negeri #JadiBisa Pulang dengan Traveloka

Yey! Akhirnya kami bisa berbulan madu dan destinasi kami adalah Korea Selatan  (sudah pasti istri yang pilih, hehe). Setelah resmi menikah kami memutuskan berbulan madu ke Korea Selatan bulan April lalu. Kami beruntung sekali karena Korea Selatan sedang musim semi. Saya pecinta bunga dan sangat pas sekali dengan bulan pernikahan kami. Kami menencanakan perjalanan ini dengan sangat serius, oh suami yang mempersiapkan dengan serius, hehe.

                    canola festival, jeju island

Singkat cerita kami sampai di Korea Selatan berkat usaha dan kerja keras suami yang sudah menyiapkan segala itinerary, hotel, dan tiket pesawat pulang pergi. Istri tinggal menikmati, hihi. Setelah empat hari tiga malam kami habiskan di Korea Selatan (tidak perlu saya ceritakan yaa karena seru banget dan pasti bikin  iri, hihi), saatnya pulang. Saya mengajak suami untuk berbelanja sedikit lagi oleh-oleh di Pasar Dongdaemun yang lokasinya tidak terlalu jauh dari penginapan kami. Belum puas saya memaksa suami untuk lebih lama berbelanja hingga akhirnya kami naik kereta ke bandara melewati waktu yang sudah ditentukan suami. Saya lihat suami sudah mulai gelisah karena waktunya sangat mepet. Dia hanya diam dan sesekali melihat ke arah jam tangannya.

Follow me to Gyokbokgung Palace

Sampai di bandara ternyata kegelisahan suami terjawab. Kami ketinggalan pesawat! Hanya beberapa menit karena gate penerbangan luar negeri ditutup dua jam sebelum keberangkatan. Kami pun panik, bertanya sana-sini dan akhirnya tiket kami dinyatakan hangus. Suami berlari-lari menanyakan tiket di counter masing-masing maskapai dan bisa diduga, harga sangat mahal dan penerbangan di waktu yang sama sudah tidak tersedia. Suami menjadi sangat panik lalu berusaha mencari signal internet terbaik dalam bandara dan mencoba membeli tiket secara online. Saking paniknya kartu kredit suami hilang, jatuh entah dimana saat kami berlari-lari mencari lokasi yang tidak terlalu ramai. Saat itu kami semakin kacau dan panik. Suami menelpon sana sini meminta blokir kartu kredit dan berusaha mencari jalan keluar untuk pulang. Saya merasa sangat bersalah. Saya hanya diam duduk di sebalah suami yang sedang panik.

Dalam kekacauan ini saya berinisiatif membuka aplikasi traveloka di handphone dan mencari tiket pulang. Untung diaplikasi traveloka terdapat fitur best price finder sehingga saya bisa mencari tiket dengan harga termurah (mengingat April adalah high season).  Saya menawarkan aplikasi traveloka kepada suami. Suami yang biasa menggunakan applikasi traveloka karena saking panikknya lupa ada aplikasi mempermudah perjalanan kami ini. Akhirnya kami memilih tiket dengan harga terbaik (termurah, hehe) dan kami bisa pulang ke Indonesia dengan selamat, sehat, sentosa.

Fitur yang menurut saya penting yang ditawarkan traveloka pada pembelian tiket pesawat adalah easy pay. Menurut saya ini juga salah satu keunggulan traveloka. Tidak perlu kartu kredit untuk pembayaran tiket (kebetulan kartu kredit suami kan hilang saat di Korea). Saat itu saya menggunakan click pay yang hanya membutuhkan token. Pilihan lainnya seperti pembayaran lewat ATM tidak mungkin dilakukan saat kita berada di luar negeri. Fitur pembayaran melalui internet banking/transfer juga agak menyulitkan jika nomor handphone tidak mendapatkan signal saat di luar negeri. Kemudahan pembayaran ini juga salah satu fitur favorit saya karena sangat praktis dan saat membantu disaat genting seperti kondisi kami di Korea Selatan kemarin.

Oh ya satu lagi, saat kemarin kami beli tiket pesawat pulang pergi adalah Jakarta-Korea Selatan, sementara kami tinggal di Yogyakarta, sehingga tiket terusan kami dari Jakarta ke Yogyakarta harus di-reschedule sesuai tiket yang baru kami beli, kebetulan tiketnya sehari setelahnya. Saya langsung me-reschedule tiket kami dari Jakarta ke  Yogyakarta karena tiket pulang kami mundur satu hari dari rencana. Fiuh, untung ada fitur easy reschedule traveloka, dengan satu klik semua beres. Prosesnya pun tidak sulit dan juga tidak memakan waktu lama. Tinggal reschedule waktu penerbangan lalu membayar selisih (tentunya dengan fitur easy pay yang lagi-lagi sangat mudah dan sangat membantu) dan woila, tiket sudah ditangan! Saya pikir akhir cerita bulan madu kami akan sedikit ternodai dengan drama ketinggalan pesawat, tapi dengan traveloka semua jadi aman terkendali.

#Jadibisa pulang dengan Traveloka! Terimakasih traveloka! You safe us! *really

 

traveling together fall in love forever <3
Seoraksan National Park , Sokcho
Hubby at local Seoul street

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *